The Beautiful Life of Us

Tuesday, March 20, 2007

Hotel Pelangi Tempoe Doloe dan Masa Kini

Sebagai salah satu cucu dari H Sjachran Hoesein, saya Ananda Sabil Hussein ingin sedikit mengenang kegigihan kakek saya tercinta atas segala perjuangannya sepanjang hidup. Kenangan itu ingin saya sampaikan melalui ulasan mengenai sejarah salah satu peninggalan beliau yang sangat prestisius yaitu Hotel Pelangi. Salah satu Hotel Tertua di Malang yang sampai sekarang masih beroperasi dengan baik di kota Malang.

Berdiri dari tahun 1915 dengan nama awal PALACE HOTEL sampai dengan 1942 ketika penguasa Jepang menduduki kota Malang, hotel ini diganti anam dengan ASOMA HOTEL. Bertahan selama 3 tahun hingga 1945 nama hotel ini kembalai menjadi PELACE HOTEL dan ketika tahun 1953 berubah nama menjadi PELANGI HOTEL hingga sekarang, dengan pemilik tunggal H Syachran Husien (1920-1999)
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

PELANGI HOTEL yang beralamtkan di Jl. Merdeka selatan 3 MALANG tepatnya di Alin-alun pusat kota MAlang sangat kental dengan nilai sejarahnya. Foto-foto koleksi kami serta barang-barng penjnggalan sejarah tertata rapai di beberapa sudut ruanagn hotel.
Letak posisi yang sanagt strtegis merupakan salah satu nilai lebih untuk tamu baik wisman ataupun mancanegara, serta sarana transportasi yang mudah unutk menuju hotel atau ke tempat area perbelanjaan, Masjid, Gereja, Bank atau kantor pemerintahan
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Menampilkan kembali nuansa colonial serta tata letak dan penataan kamar-kamar dengan paduan warna dan perlengkapan mengiringi waktu istirahat para tamu yang menginap.



Sesuai dengan standar hotel Internasional, saat ini Hotel Pelangi di lengkapi dengan beberapa fasilitas. Yaitu :

ROOMS
PELANGI HOTEL memiliki 75 kamar terdiri dari standart, superior, deluxe dan suite dengan sentuhan modern aristocrat. Dengan luas kamar sangat extra luas serta akses mobil langsung di depan kamar untuk kenyamanan para tamu.

LODJI COFFEE SHOP
Bernuasa cozy dan rileks suatu konsep yang sangat kami jaga, kelezatan hidangan Indonesia, Chinese serta Eropa disajikan di sini. Berarsitekan colonial belanda serta lukisan dan keramik peninggalan sejara membuat anda melupakan rutinitas sehari-hari.

CONCORDIA HALL
Hall yang dapat menempung samapai dengan 250 orang untuk berbegai macam acara seperti pesta pernikahan, meeting, pertemuan
(Cited from Factsheet Hotel Pelangi, 2007)

Dari kedua photo di atas tersebut kita semua dapat lihat bahwa secara pisik, Hotel Pelangi secara konsisten masih memelihara bentuk bangunan. Oleh karena itu hotel ini menjadi salah satu icon penting kota Malang.
posted by ditha hussein at 4:02 PM

2 Comments:

mau dong nginep di hotel pelangi.. ehehe.. biar bisa honeymoon lagi :)

March 20, 2007 at 8:59 PM  

bole ga kapan2 Dian liat-liat dalemnya Hotel Pelangi... Dian lagi bikin poto-poto bangunan kolonial nih, kemaren udah blusukan di Balai Kota mpe kenalan ma pengawal walikotanya (biar bole blusukan ke dalem)... mo ke Hotel Pelangi takut digebukin satpam T_T hehehe

May 8, 2007 at 7:04 PM  

Post a Comment

<< Home